5 Aplikasi Buatan Indonesia Yang Mendunia - Adin ID

5 Aplikasi Buatan Indonesia Yang Mendunia

5 Aplikasi Buatan Indonesia Yang Mendunia


AdinID.net – Selain memiliki penduduk yang sangat banyak, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan pengguna android terbanyak di dunia. Tidak hanya pengguna, Indonesia juga memiliki pengembang-pengembang (Developer) aplikasi yang android yang beberapa diantaranya sudah mendunia.

Berbagai macam aplikasi android dapat kita jumpai dan kita unduh di berbagai macam sumber salah satu yang sering kita gunakan adalah Google Playstore. Google Playstore adalah sebuah tempat yang bisa kita gunakan untuk mengunduh bermacam-macam aplikasi mulai dari game, aplikasi pembuat logo dan lain sebagainya.

Aplikasi Android Buatan Indonesia

Indonesia boleh bangga karena memiliki banayak pengembang aplikasi android, yang bahkan aplikasi buatan anak bangsa ini sudah terkenal di luar negeri sana. Jenis aplikasinya pun bermacam-macam mulai dari penyedia transportasi, game, edit foto dan lain sebagainya.

Apa saja aplikasi buatan Indonesia yang sudah mendunia? Simak artikel berikut ini!

1. GOJEK

Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian. GOJEK adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang fungsi utamanya adalah penyedia alat transportasi. Selain sebagai penyedia transportasi, GOJEK juga menyediakan berbagai layanan online. Tak hanya populer di Indonesia saja, kesuksesan aplikasi ride-shareing ini berhasil menarik perhatian media asing, seperti Rauters dan Wall Street Journal.

2. Qlue

Qlue merupakan apikasi yang dikembangkan oleh Qlue Performa. Aplikasi ini bisa kita gunakan sebagai media informasi untuk membangun smart city. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melaporkan secara langsung masalah kepada pemerintah kota. Pada tahun 2019, Qlue mkendapatkan penghargaan sebagai aplikasi pemerintahan terbaik di dunia dalam acara The 7th Government Summit yang diselenggarakan di Dubai pada 10-12 Februari 2019.

3. PicMix

Aplikasi yang dekembangkan oleh Inovidea Magna Global ini cukup terkenal bagi orang-orang yang suka dengan edit foto. Meskipun aplikasi ini populer, namun banyak dari penggunanya tidak tahu bahwa aplikasi ini karya anak bangsa. PicMix tidak hanya menjadi sorotan di Indonesia saja, namun juga dari media asing seperti Tech Crunch.

4. Catfiz Messenger

Salah satu alumni ITS Surabaya berhasil menciptakan sebuah aplikasi instant messenger berbasis android yang dikembangakn apada pertengahan November 2012. Sampai sekarang ini aplikasi Catfiz Messenger memiliki banyak pengguna aktif baik dalam negeri maupun luar negeri. Namun sayangnya aplikasi ini masih kalah populer dengan aplikasi instan chatting yang lebih besar dari luar negeri. Padahal user aktif didalamnya lebih dari 73 negara.

5. Ramen Chain

Aplikasi game bernama Ramen Chain ini benar-bener terkenal di luar negeri. Aplikasi karya anak bangsa ini pernag menduduki peringkat 1 pada kategori Free App di Singapura, Indonesia dan Filipina. Selain itu aplikasi ini juga pernah menduduki peringkat 3 Free App di Taiwan, Hongkong, Malaysia dan Thailand.

Itulah 5 Aplikasi Buatan Indonesia Yang Mendunia. Kalian bisa bantu support kepada developer Indonesia dengan cara mendownload aplikasi tersebut dan memberikan komentar kalian tentang aplikasi tersebut dengan komentar yang positif dan relevan.
Please write your comments