4 Perbedaan Smartwatch dan Smartband - Adin ID

4 Perbedaan Smartwatch dan Smartband

4 Perbedaan Smartwatch dan Smartband

Perbedaan Smartwatch dan Smartband

AdinID.net – Diera wearable yang semakin menjamur, semakin banyak berbagai macam wearable yang dapat kalian temukan dipasaran. Beberapa jenis warable yang populer adalah smartband, smartwatch, smartglasses, virtual reality headset, dan smart balance wheel.

Dari berbagai macam jenis warable tersebut ada dua wearable yang memiliki bentuk dan cara pemakaian yang kurang lebih sama namun memiliki fungsi berbeda. Yaitu smartband dan samartwatch.

Perbedaan Smartwatch dan Smartband

Dua perangkat tersebut adalah perangkat yang sama-sama kalian bisa gunakan di pergelangan tangan kalian layaknya jam tangan pada umumnya. Namun ada beberapa perbedaan dari kedua wearable ini, diantaranya.

1. Fungsi
Perbedaan pertama antara smartwatch dan smartband adalah fungsi yang di tawarkan oleh kedua wearable ini. Smartwatch pada umumnya dibekali dengan spesifikasi, fungsi dan fitur yang lebih lengkap layaknya sebuat smartphone. Bahkan kalian bisa meninstall beberapa aplikasi hp pada smartwatch. Berbeda dengan smartwatch, smartband memiliki fungsi sebagai fitnes tracker bagi penggunanya. Perangkat ini dapat melacak metrik terkait kebugaran penggunanya meliputi detak jantung, jarak tempuh, jumlah kalori bahkan sampai kualitas tidur.

2. Desain
Salah satu perbedaan paling jelas saat pertama kali melihat kedua wearable ini adalah dari sisi design yang mereka gunakan. Jika diperhatikan dengan seksama, smartwatch memiliki desain yang lebih menyerupai jam tangan pada umumnya yang sering kita jumpai. Tidak hanya itu saja, smartwatch juga memiliki dua tipe yaitu analag dan digital. Sementara smartband memliki desain cenderung lebih sederhana, simpel, kecil dan berbobot ringan yang menyerupai gelang. Tampilan smartband lebih kepersegi panjang dengan ukuran yang sama seperti karet strap itu sendiri.

3. Harga
Dengan perbedaan fitur dan fungsi yang di tawarkan oleh kedua perangkat wearable ini, tidak heran jika smartwatch di banderol dengan harga yang lebih mahal daripada smartband. Smartwatch biasanya memiliki kisaran harga antara 1 juta hingga 5 juta rupiah atau bahkan lebih. Sementara smartband yang memiliki fungsi berbeda di banderol dengan harga jauh dibawahnya yang berkisar 300 ribu hingga 1 juta rupiah.

4. Teknologi Display yang Digunakan
Perangkat smartwatch sekarang ini pada umumnya sekarang menggunakan layar LCD backlit atau OLED  layaknya teknologi layar pada smartphone. Bahan beberapa smartwatch terbaru memiliki layar terbaru berjenis Amoled yang menjadi andalan pomsel buatan samsung. Sementara itu smartband yang fungsinya sebagai fitnes tracker kebanyakan menggunakan teknlogi layar standar.

Itulah 4 Perbedaan Smartwatch dan Smartband yang bisa kalian gunakan sebagai referensi sebelum membeli anatara kedua perangkat wearable tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.
Please write your comments