4 Aplikasi Untuk Melihat Kuallitas Udara - Adin ID

4 Aplikasi Untuk Melihat Kuallitas Udara

4 Aplikasi Untuk Melihat Kuallitas Udara


AdinID.net - Polusi udara di Indonesia semakin hari semakin menjadi sorotan masyarakat kita, setelah beberapa waktu lalu Indonesia masuk sebagai salah satu negara yang memiliki kualitas udara yang buruk tepatnya di kota Jakarta menurut Air Visual.

Seperti yang kita ketahui, polusi udara sangat berbahaya bagi kesehatan kita, maka sangat wajar bagi kita untuk lebih berhati-hati saat kita akan melakukan kegiatan di luar rumah.

Sekarang ada masalah lagi di kebersihan udara yaitu di kota Riau, bahkan tingkat ancaman hingga pada fase berbahaya. Ini disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Akibatnya, banyak warga yang mengalami permasalahan pada pernapasan mereka, hingga ada seorang bayi di Palembang yang bahkan meninggal dunia diduga akibat ISPA

Apllikasi Untuk Melihat Kualitas Udara

Karena perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, tidak sedikit para pembuat aplikasi di seluruh dunia menciptkan aplikasi-aplikasi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita, salah satunya adalah aplikasi untuk melihat seberapa sehat atau buruk udara disekitar kita.

Apa saja aplikasi tersebut? simak artikel berikut ini!

1. Air Visual

Air Visual adalah salah satu aplikasi di tab pencarian Google Playstore, yang artinya sudah banyak orang menginstall aplikasi ini untuk melihat kualitas udara di sekitar mereka tinggal. Air Visual menggunakan sensor-sensor canggih yang ditempatkan pada banyak lokasi.

Pada 25 Juni 2019, Jakarta menmpati posisi teratas di seluruh dunia untuk kualitas udara yang paling buruk dan tidak sehat dengan AQI ( Indeks Kualitas udara) mencapai 240, namun saat saya menulis artikel ini wilayah yang apling buruk kualitas udaranya adalah Pekanbaru , Riau dengan nilai AQI yang mencapai 415 yang dikarenakan kebakaran hutan.

2. Breezon Meter

Aplikasi ini dapat memantau dan memetakan kualitas udara secara detail hingga menyajikan tingkat serbuk sari diudara serta temperatur secara real time. Bahkan aplikasi ini juga bisa menjelaskan secara detail kandungan udara yang kita hirup saat itu juga mulai dari karbon monoksida, ozon, hinnga nitrogen. Dengan begitu kita dapat tahu kapan kita haruus beraktifitas dan apa yang harus kita hindari.

3. Plume Air Report

Aplikasi yang di buat oleh Plume Labs ini dapat memantau kondisi udara disekitar kita sehingga kita tahu udara disekitar kita berbahaya atau tidak untuk kesehatan tubuh kita. menurut TechCrunch, Plume Labs menggunakan ribuan stasiun pemantau polusi di aplikasi Plume Air Report sampai 24 jam penuh sehingga tingkat prediksi yang dihasilkan sangat baik.

4. Udara Kita

Udara Kita adalah aplikasi buatan organiosasi pencinta lingkungan hidup, GreenPeace Indonesia. mkirip seperti aplikasi Plume Air Report, aplikasi ini dapat mengindikasi nilai AQI pada suatu wilayah serta menjelaskan keadaan udara pada wilayah tersebut berbahaya atau tidak sesuai dengan nilai yang tertera.

Meskipun aplikasi ini gratis, namun para pengguna yang di haruskan mendaftar terlebih dahulu via email agar para pengguna dapat memaksimalkan pengguinaan aplikasi Udara Kita ini.

Itu lah 4 Aplikasi Untuk Melihat Kuallitas Udara yang bisa kalian coba gunakan seberapa sehat kualitas udara di tempat kalian tinggal.
Please write your comments