3 Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook - Adin ID

3 Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

3 Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook


AdinID.net – Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, perangkat komputer portebel saat ini terbagi dalam bermacam-macam jenis dengan nama yang berbeda, seprti Laptop, Notebook dan Netbook. Meskipun memiliki bentuk yang sangat mirip, namun 3 jenis komputer tersebut memiliki perbedaan.

Karena kemiripan tersebut, banyak orang yang salah dan menganggap bahwa Laptop, Notebook dan Netbook adalah jenis komputer portebel yang sama dengan nama yang berbeda. Agar kalian tahu apa perbedaan dari ketiga jenis tersebut saya akan menjelaskan satu persatu.

Perbedaan Laptop, Notebook Dan Netbook

Jika kita teliti lebih jauh, sebenarnya Laptop, Notebook dan Netbook memiliki perbedaan yang mendasar sebagai pembeda ketiga jenis perangkat tersebut. Namun sayangnya, karena memiliki bentuk yang sangat mirip, banyak orang mengira bahwa 3 perangkat tersebut adalah perangkat yang sama.

Untuk mengetahui perbedaan dari ketiga perangkat tersebut, simak artikel berikut ini!

1. Perbedaan Ukuran Layar Dan Bodi Yang Digunakan
Hal mendasar pertama yang membedakan 3 perangkat komputer portebel tersebut salah satunya adalah perbedaan ukuran layar yang di gunakan.

Selain layar, bodi dari ketiga perangkat tersebut juga beda, mulai Laptop dengan ukuran yang paling besar, lalu Notebook yang memiliki ukuran sedang dan yang memiliki ukuran paling kecil adalah Netbook.

Laptop biasanya memiliki layar sekitar lebih dari 17inch dan biasanya memiliki bodi lebih tebal. Namun ada juga laptop yang memiliki bodi tipis dengan layar yang lebar.

Notebook memiliki ukurang sedang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga memiliki layar sekitar 13inch sampai 16inch saja.

Netbook merupakan perangkat yang memiliki bodi dan lebar layar lebih kecil dari jenis lainnya, sehingga perangkat ini memiliki lebar layar hanya sebesar 16inch sampai 13inch.

2. Perbedaan Spesifikasi Yang Digunakan
Hal mendasar lainnya yang membedakan Laptop, Notebook dan Netbook adalah pada bagian spesifikasi yang terdapat pada perangkat tersebut.

Dari ketiga jenis komputer portebel yang kita bahas, Netbook memiliki spesifikasi yang lebih rendah. Selain itu, Netbook juga dibekali prosesor yang bisa dibilang kelas menengah kebawah dan memiliki performa yang tidak terlalu tinggi.

Disektor RAM juga biasanya Netbook hanya dibekali tidak lebih dari 2GB saja dan kartu pengolah grafis yang biasa saja.

Perbedaan lainnya adalah tidak ada slot DVD-ROM internal yang terdapat pada Netbook. Sehingga kalian tidak bisa memasukan CD maupun DVD kedalam perangkat ini.

Notebook memiliki spesifikasi yang menengah yang tentunya jauh lebih tinggi dari pada perangkat Netbook, selain itu ada beberapa merek Notebook yang sudah mendukung DVD-ROM dan ada juga yang belum mendukung DVD-ROM.

Notebook juga biasanya sudah tertanam prosesor Dual Core hingga Core i7 yang tentunya membuat kinerja dan kenyamanan saat di gunakan jauh lebih baik dari pada Netbook.

Selain prosesor, Notebook juga sudah menggunakan kartu grafis kelas menengah seperti Intel HD, AMD Radeon, ataupun Nvidia GT830.

Sedangkan untuk Laptop sendiri biasanya memiliki spesifikasi yang hampir sama bahkan lebih tinggi daripada Notebook.

3. Perbedaan berat
Perbedaan mendasar selanjutnya adalah dari segi berat antara Laptop, Notebook dan Netbook.

Dari perbedaan layarnya sudah terlihat jelas perbedaannya, sehingga perbedaan tersebut juga berpengaruh terhadap berat dari masing-masing perangkat.

Selain memiliki ukuran yang lebih besar, laptop juga memiliki berat lebih besar dari pada Notebook apalagi Netbook. Itu di karenakan oleh ukuran bodi yang besar dan layar yang lebar.

Biasanya Laptop memiliki berat hingga 2kg, Notebook memiliki berat 1.5kg sampai 2kg dan untuk Netbook memiliki berat dibawah ataupun sama dengan Notebook.

Namun untuk berat susah dibedakan sebenarnya, dikarenakan banyak sekali produsen-produsen komputer portebel yang mengikuti perkembangan zaman dan membuat perangkat terbaru mereka dengan bodi tipis dan berat yang sangat ringan dari jenis pada umumnya.

Nah itulah 3 Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook , sekarang jangan salah lagi dalam penyebutan jenis-jenis komputer portebel tersebut. Sebagai informasi tambahan, 3 poin di atas tidak bisa di gunakan sebagai acuan dalam perbedaan 3 jenis perangkat tersebut karena semakin banyak produsen yang membuat perangkat yang mereka buat beda dari sebelumnya dan semakin berinovasi.
Please write your comments