Redmi Note 8 Pro Vs Realme 5 Pro, Mana Yang Terbaik? - Adin ID

Redmi Note 8 Pro Vs Realme 5 Pro, Mana Yang Terbaik?

Redmi Note 8 Pro Vs Realme 5 Pro, Mana Yang Terbaik?


AdinID.net - Persaingan Redmi dan Realme di segmen menengah ke bawah terus berlanjut setelah Realme membuat kejutan dengan menghadirkan realme 5 Pro dan Redmi kemudian merilis ponsel terbarunya yaitu Redmi Note 8 Pro. Lalu spesifikasi Manakah yang lebih cocok untuk kalian gunakan? Mari kita bandingkan ke dua ponsel tersebut.

1. Desain
Baik Realme 5 Pro maupun Redmi Note 8 Pro sama-sama menghadirkan layar dengan konsep poni waterdrop. Redmi Note 8 Pro punya ukuran layar yang sedikit lebih besar yakni seluas 6,53 inchi dan berbanding 6,3 inchi dengan yang dimiliki Realme 5 pro. sama-sama menggunakan panel berjenis IDS LCD dengan resolusi full HD plus, Redmi 5 Pro diproteksi oleh kaca Corning Gorilla Glass 3+. Sedikit lebih baik Redmi Note 8 Pro menggunakan Gorilla Glass generasi kelima.

Pada bagian belakang seperti pendahulunya realme 5 Pro masih mempertahankan bahan polikarbonat namun dengan finishing berbeda yakni gradasi warna potongan kristal. Sedangkan Redmi Note 8 Pro bahan kaca dilapisi Corning Gorilla Glass 5 dengan penempatan item dan finishing warna gradasi yang membuatnya cukup mirip dengan Redmi K20.

Pada sektor desain sepertinya tak sulit menentukan pilihan di sektor ini Redmi Note 8 Pro di atas kertas memang cukup unggul beda lagi kalau itu memang bukan selera kalian ya.

2. Prosesor
yang kedua yaitu prosesor, realme 5 Pro masih mempercayai produk Qualcomm Snapdragon 712 AIE dan GBU adreno 616 dipadukan dengan pilihan RAM 4,6 dan 8 GB serta memori internal 64 dan 128 GB. berbeda dengan Realme, Redmi Note 8 Pro Justru lebih percaya pada chipset baru dari MediaTek, yakni Helio G90T chipset yang diklaim berfokus pada kebutuhan gaming. Dipadukan dengan RAM 6 dan 8 GB serta memori internal 64 dan 128 GB keduanya pun dapat diekspansi melalui micro SD.

3. Baterai
Realme 5 Pro ditopang baterai berkapasitas 4035 mAh yang support VOOC Flash Charge 3.0 20W. Dengan ukuran dimensi yang lebih besar, Redmi Note 8 Pro tanpa menghadirkan baterai berkapasitas lebih besar pula yakni 4500 mAh. Namun kecepatan chargingnya sedikit lebih rendah dengan daya 18W. Setidaknya batre besar ini sudah cukup membantu Redmi Note 8 Pro bebas dari charger dalam waktu yang lebih lama. Tinggal sesuaikan saja dengan keinginan kita ingin charging yang cepat atau kapasitas batre yang lebih besar.

4. Kamera
Beralih ke kamera, tak tanggung-tanggung realme 5 pro dan Redmi Note 8 Pro mengusung 4 kamera belakang pada ponsel baru mereka dengan konfigurasi resolusi yang nyaris sama anatara kedua ponsel tersebut. Bedanya terletak di bagian kamera utama, Realme 5 Pro mengusung kamera beresolusi 48 megapiksel f/1.8 PDAF sensor Sony imx586. Sedangkan Redmi Note 8 Pro mengusung kamera utama beresolusi 64 megapiksel f/1.8 PDAF sensor Samsung isocell Bright gw1. keduanya ditemani oleh 3 lensa kamera lagi yaitu 8 megapiksel f/2.2 lensa Ultra wide, 2 megapixel F/2.4 khusus untuk pemotretan makro, serta 2 megapixel lagi sebagai depth sensor.

Keduanya juga support perekaman video diresolusi 4K 30fps dengan stabilisasi berbasis Gyro-EIS yang hanya support pada resolusi full HD plus. Untuk kebutuhan selfie Redmi Note 8 Pro menyatakan kamera tunggal solusi 20 megapixel f/2.0 sedangkan realme 5 Pro mengusung kamera selfie beresolusi 16 megapixel f/2.0. Pada dasarnya kedua Smartphone ini memiliki fleksibilitas Kamera yang sama lengkapnya.

5. Kelengkapan Fitur
Baik realme 5 Pro maupun Redmi Note 8 Pro di klaim tahan terhadap cipratan air dan telah menggunakan USB Type-C. Namun Redmi Note 8 Pro punya kelebihan lain yakni hadirnya NFC yang tak dimiliki oleh Redmi 5 Pro.

6. Harga
Realme 5 Pro telah resmi dirilis di Indonesia dengan harga Rp2.999.000. Berbeda dengan Redmi Note 8 Pro yang hingga saat ini belum tahu kapan kehadirannya di Indonesia. Namun di China Redmi Note 8 Pro dijual dengan harga mulai dari 1399 Yuan atau sekitar 2,8 juta rupiah. Tentunya harga tersebut bisa saja naik jika dirilis di Indonesia nanti.

Terlepas dari ketersediaan keduanya di sejumlah sektor, menurut saya pribadi Redmi Note 8 Pro sebenarnya mampu mengungguli Realme 5 Pro. Bagaimana Mana menurut kalian? manakah yang lebih cocok untuk kamu beli?

Jadi itulah artikel saya tentang perbandingan antara Redmi Note 8 Pro dengan Realme 5 Pro untuk mencari yan terbaik. Tulis opilihan dan opini kalian pada kolom komentar di bawah!
Please write your comments